Kamis, 09 Agustus 2012

Resep Cara Membuat Mie Ramen


CARA BIKIN MIE RAMEN FAVORIT NARUTO

Guys,,, bagi kalian penggemar serial naruto tentu inget betapa tergila-gilanya seorang Naruto sama makanan jepang yang bernama  ramen itu kan?? nah,,,, begitu juga denganku,,, aku sangat suka naruto ketika makan ramen, dan aku jadi penasaran gimana rasa dan cara bikinnya, akhirnya ku putuskan buat nyari resepnya di internet,,, :p

Sebelum kita tahu gimana cara bikin mie ramen, gak ada salahnya kita tahu gimana sih asal mula munculnya mie yang identik dengan Jepang itu? Langsung saja saja ya… ^_^

Menurut catatan sejarah Tokugawa Mitsukuni (Mito Komon) sering disebut sebagai orang Jepang yang pertama kali makan ramen. Masakan mi kuah ala Cina pertama kali dihidangkan untuk Tokugawa Mitsukuni. Pembuatnya adalah seorang ilmuwan Konghucu dalam pengasingan dari Dinasti Ming yang diundang untuk datang ke Domain Mito.
Ramen atau mie kuah ini makanan populer yang murah meriah tapi uenak tenan di Jepang. As what we all know, mie berasal dari Cina. Nama ramen mengambil dari bahasa cina-nya masakan ini yang disesuaikan sama lidah pengucapan Jepang. La Mien = Ramen. Dan di Korea namanya La Mion. Dari kata dasar mien = men = mion. Yang di Indonesia kita kenal semua sebagai MIE.
Ramen diperkirakan mulai dinikmati rakyat banyak pada zaman Meiji. Pada waktu itu, ramen sudah masuk ke dalam menu berbagai rumah makan di kawasan pemukiman keturunan Cina di Kobe dan Yokohama. Setelah itu, pada zaman Taisho, penjual mi di Hokkaido sudah menjual ramen seperti ramen yang dikenal orang sekarang ini.
Di Jepang, mi kuah umumnya terdiri dari dua aliran:
  • Mi kuah dalam menu rumah makan yang dikelola imigran dari Cina, misalnya mi kuah dengan tauge, mi kuah tanpa lauk (tanmen), mi pangsit kuah, atau mi alaKanton. Ramen dengan rasa miso atau rasa shio juga dicantumkan dalam menu.
  • Mi kuah oleh pedagang kaki lima di waktu malam yang kemudian membuka rumah makan ramen. Pedagang kaki lima yang berkeliling menjajakan ramen dengan gerobak dorong sudah ada di Jepang sejak zaman Edo. Penjual ramen berkeliling memakai gerobak sambil meniup terompet charamela. Lagu yang dibunyikan adalah nada “sol la si – sol la – sol la si la sol la -”. Oleh karena itu, penjual ramen keliling dalam bahasa Jepang sering disebut charamela. Pedagang keliling zaman sekarang sudah menggunakan pemutar rekaman sebagai pengganti charamela. Selain itu, pedagang ramen sering menggunakan mobil dan membawa kursi untuk berdagang di tempat ramai.
Setiap daerah atau kota di Jepang biasanya memiliki masakan ramen khas yang dipakai sebagai daya tarik pariwisata. Salah satu di antaranya dengan mempromosikan keunikan ramen khas masing-masing daerah di Jepang. Promosi juga dilakukan lewat artikel di berbagai majalah. Salah satu promosi yang dianggap paling berhasil adalah promosi sapporo ramen. Wisatawan dalam negeri beramai-ramai mengunjungi Hokkaido untuk makan sapporo ramen. (sumber: www.gpsmember.blogspot.com)

Well… Ada macam-macam ramen di Jepang. Shoyu ramen, Miso ramen, tonkotsu ramen, Yaki Ramen (Mie goreng), Curry Ramen (rasa kuah daging sapi), Chicken Ramen, Chicken Chili Ramen, Spaghetti Ramen, SeaFood Ramen adalah contoh2 yang paling akrab di telinga. Masih banyak lagi ramen-ramen lainnya.

Naaahhhh,,, sekarang kita intip yuk, kayak gimana to cara bikin ramen itu? ni resep aku dapet dari www.indielive.wordpress.com. Resep ini tentunya disesuaikan dengan standar Indonesia, sesuai prinsip kehalalannya (insyaAlloh).. :)
Buat kamu-kamu yang pingin nyobain bikin ramen buatan sendiri silakan dijajal resep berikut ini:
Roh dari ramen sendiri adalah sup dan isinya .. jadi  resep kali ini kita bagi dua. yaitu ramen ato mie-nya sendiri dan sup-nya

jika pingin mudah, bisa beli di toko supermarket yg tinggal dimasak. klo punya waktu luang, berikut ini adalah cara bikin ramen dari nol [dapet resep dari penjual ramen di jepang sono]

[step 1] Bahan-bahannya :
3/4 Cups tepung (ane lupa ukurannya untuk indonesia)
1 butir telur
3/4 sendokteh garam (ato sesuai selera)
1sendok makan air (tergantung air dan kelembapan)

di Jepang, kagak ada tepung untuk semua jenis. yang ada,tepung tinggi protein ama tepung rendah protein, dimana qta harus mencampurnya. jika adanya tepung ini, perbandingannya 1:2 untuk tepung rendah protein dan tepung tinggi protein. klo adanya tepung biasa, pake aja. toh nggak terlalu vital koq untuk mie-nya.

adonannya bisa dibikin lebih untuk 2 porsi ato 4 meskipun ntar rada susah untuk nguletnya.

[step 2] Campur bahan adonan
Campur tepung + garam, bikin lobang di tengah, masukin telur amam air di lobang yg dibuat tadi, lalu campur pelan2



[step 3] Ngulet adonan

Setelah adonan kurang lebih tercampur, angkat ke tempat yg agak bersih dan mulai mengulet lagi. aonan ini agak lebih lengket dari adonan roti.
 
Adonan siap jika tangan anda menjadi rada bersih dan adonan tidak lengket seperti sebelumnya(dan tangan pegel semua). jika benar, seharusnya anda bisa mengangkat tangan anda dan adonan akan turun dalam 1-2 detik.
 
Jika terlalu lengket, tambahkan tepung dan ulet lagi. jika tidak lengket, tambahkan beberapa tetes air.




[step 4] Istirahatkan adonan
Adonan perlu diistirahatkan sebelum dibentuk / dimelarin. klo nggak, mienya ntar jelek n tipis.
[adonan dlm serbet]
selimuti adonan pake serbet n diemin +- 30 menit



[step 5] Saatnya motong mie
Ambil adonan (jika anda bikin 2 ato 3 porsi, bagi menjadi 1 porsi. Klo nggak, qta akan dapet 1 bola adonan yg besar. taburi beberapa tepung pada adonan, ambil gilingan dan mulai menggiling adonan. klo da mesin yg biasa dipake ama orang jualan molen, pake aja. (ane gak punya. makanya giling manual)
 
jika bisa, ketebalan mie-nya +- 1mm. jika mulai lengket, taburi tepung lagi. jika adonan kembali ke bentuk semula (bola),

    [separuh dari adonan]

    [kurang tipis]
    [bandingin ukuran ama yg sebelumnya]

    [+- 1 mm tebelnya]
[step 6] Potong adonan jadi mie
Ambil talenan n taruh adonan diatasnya. taburi tepung biar gak lengket coz klo lengket ramen-nya gak jadi. pake mesin buat nyetak mienya juga bisa koq. Fungsi tepung dsini selain biar gak lengket, juga menjaga agar mie-nya nggak lepas. sambil motong, siapin air biar mendidih.

   [adonan dlm talenan]

    [adonan + tepung]

    [potong adonan]

    [separuh jalan]

    [mie yg dah jadi]

[step 7] Masak mie-nya
Setelah air mendidih, kasih garem dan cerai beraikan mie-nya pake sumpit. kalo anda buang begitu saja, mie-nya akan lengket jadi satu, aduk mie-nya pake sumpit.  Asal airnya banyak n masih mendidih,seharusnya mienya mulai mengembang n ngapung. biasanya sich +- 4 menit ane rebus mie-nya. asal udah terasa lembut n kenyal, angkat mienya. Biasanya waktu ngerebus mie-nya, ane masukin sosis ama sayuran biar setengah matang.

    [garam + air mendidih]

   [masukin mie-nya]

    [mie yg dah mateng + sosis]


>>>[SUP] tambahkan sup, makan deh….

Biasanya sih pake kaldu ayam + shoyu (ato miso). Jika males, pake bumbu dari mie instan juga boleh. Jangan pake shoyu ato miso tanpa kaldu coz ntar jelas rasanya ancur2an. Untuk sayuran, terserah anda. Untuk daging, sesuai selera. Sebagai variasi, bisa ditambahin telur mentah pada penyajian ato telur rebus juga boleh..
contoh jadi:

   [ramen + sayuran]

    [ramen + sosis]
 Selamat mencoba ya… ittada kimazu ne…. nyum nyummmm….  Makan_do

Resep Cara buat mie ramen cara masak mie ramen favorit naruto
Pembaca yang baik tahu harus berbuat apa

1 komentar:

Rizal

haduw.. bikin ngiler pagi2, lagi ujan2 lagi..

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
 

Blog Archive

Followers

Site Info

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
 
www.masbeero.blogspot.com

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger